Laboratorium Biomedik

Laboratorium Biomedik

Deskripsi      : Laboratorium biomedik adalah laboratorium terpadu Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga yang digunakan untuk pelayanan praktikum terutama bidang Gizi Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta Epidemiologi. Untuk bagian gizi sendiri, tersedia peralatan dan bahan Analisis Zat Gizi pada pangan dan Biokimia. Laboratorium ini terdiri atas 2 ruang utama. Ruang pertama ditujukan untuk analisis kadar air metode gravimetri, lemak metode soxhlet dan kualitiatif protein. Ruangan dilengkapi meja, kursi, ruang asam serta saluran air. Ruang kedua lebih tertutup ditujukan untuk penyimpanan alat gelas, bahan/ reagen, penimbangan serta untuk pencampuran bahan kimia. Suhu ruangan dijaga pada suhu 20-250C menggunakan AC.

 

Penggunaan  : Laboratorium biomedik ini dapat menunjang beberapa mata kuliah di Prodi S1 Gizi seperti Analisis Zat Gizi dan PSG Biokimia.

Peralatan       : Peralatan di lab biomedik dibeadakan menjadi peralatan preparasi dan pengujian. Peralatan preparasi adalah Beaker Glass 100-500 sebagai wadah larutan/ wadah secara umum, batang pengaduk, aspirator bottles (tempat aquades), Botol Semprot, Brush Pipet, Brush Flask, corong, neraca analitik untuk menimbang dan labu erlemeyer dengan berbagai ukuran. Peralatan untuk pengujian adalah hot plate, magnetic stirer, vortex, oven, heating digester, soxhlet extactor (hinotech SZF06C), kjehdal analisis unit.