Laboratorium Dietetik dan Kulinari (Food Processing Laboratory)

Laboratorium Dietetik dan Kulinari (Food Processing Laboratory)

Deskripsi        :Laboratorium Dietetik dan Kulinari adalah sebuah laboratorium yang difungsikan untuk mengintegrasikan luasan topik dalam disiplin ilmu gizi. Dalam laboratorium ini dikembangkan bentuk-bentuk modifikasi beraneka rupa makanan yang menjadi jawaban untuk intervensi gizi praktis dari permasalahan metabolisme, gizi, dan kesehatan manusia. Laboratorium ini diperuntukkan sebagai sarana untuk mempraktekkan teknik pengolahan berbagai jenis ragam hidangan, pengembangan maupun modifikasi resep makanan, serta penyusunan intervensi gizi dalam bentuk pemberian diet sesuai kondisi fisiologis maupun patofisiologis sasaran baik dalam bentuk olahan makanan oral maupun formula enteral. Terdapat 2 ruangan di laboratorium ini, yakni ruangan pengolahan dan ruang penyajian. Ruangan pengolahan digunakan untuk mempersiapkan dan mengolah makanan, sedangkan ruanga penyajian digunakan untuk mempresentasikan hasil pengolahan makanan.

Penggunaan   : Laboratorium ini merupakan penunjang untuk proses pembelajaran beberapa mata kuliah wajib di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga yaitu, Dietetika Sehat, Dietetika Penyakit Degeneratif, Dietetika Penyakit Infeksi, dan Dasar-dasar Kulinari. Selain itu laboratorium ini juga dapat digunakan oleh mahasiswa maupun penelitian yang ingin melakukan studi di bidang pengembangan resep makanan maupun formula diet Rumah Sakit.

Peralatan       : Terdapat beberapa peralatan penunjang pengolahan pangan di laboratorium ini, diantaranya kompor tanam dengan saluran gas terintegrasi, saluran drainase, wastafel dan tempat pencucian alat, exhauster, peralatan memasak berbahan dasar teflon, stainless steel, maupun alumunium seperti panci, wajan, steamer, oven, rice cooker, microwave, blender, juicer, mixer, noodle maker, pisau, talenan, timbangan makanan digital, dan lain sebagainya, serta berbagai macam alat penyajian berbahan dasar keramik dan kaca seperti piring, gelas, mangkuk, sendok, dan garpu. Selain itu, terdapat pula fasilitas alat peraga dietetik seperti food model.

Peminjaman ruang lab : silahkan mengisi formulir di bawah ini https://goo.gl/forms/U19RESzXadIr0c6v2