Laboratorium Pengolahan

Deskripsi        : Laboratorium pengolahan makanan adalah salah satu fasilitas laboratorium yang digunakan untuk mempraktekkan berbagai aspek penanganan dan pengolahan bahan makanan berbasis gizi, mulai dari penanganan bahan makanan hingga menjadi produk makanan yang siap konsumsi. Penilaian mutu berbagai macam bahan makanan, terutama mutu fisik dari bahan makanan mentah dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas yang tersedia di laboratorium ini. Selain itu, laboratorium ini juga menyediakan berbagai macam alat-alat pengolahan dan rekayasa produk makanan berbasis gizi, serta peralatan yang menunjang pengemasan produk makanan. Tidak hanya itu, pengukuran daya simpan produk hasil formulasi juga dapat dilakukan di laboratorium ini.

Penggunaan   : Laboratorium ini merupakan penunjang untuk proses pembelajaran beberapa mata kuliah wajib di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga yaitu, Ilmu Bahan Makanan, Teknologi Pangan, Formulasi Makanan, Dietetik, dan Kewirausahaan. Di samping itu, laboratorium ini juga dapat digunakan oleh dosen dan peneliti yang memiliki penelitian di bidang pengembangan produk dan formulasi makanan.

Peralatan       : Terdapat beberapa peralatan penunjang pengolahan pangan di laboratorium ini, diantaranya vacuum fryer, proofer, oven, mixer, dry milling, cup sealer, hand sealer, refrigerator, freezer, timbangan makanan digital, refraktometer, saltmeter, dan lain-lain

 

Peminjaman ruang lab : silahkan mengisi formulir di bawah ini https://goo.gl/forms/U19RESzXadIr0c6v2