Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa Monosodium Glutamat (MSG) hanya memberikan dampak tidak baik pada orang yang mengonsumsinya. Salah satu dampak menurut anggapan masyarakat adalah masalah kesehatan pada otak konsumen. Banyak hal dan fakta-fakta terkait MSG yang belum diketahui oleh masyarakat luas. Sabtu (20/10/2018) dilaksanakan kegiatan seminar dan demo masak yang diselenggarakan oleh Program Studi Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, PERGIZI PANGAN JATIM, dan Linisehat mengusung tema ‘Mutu dan Keamanan Pangan serta Fakta Ilmiah MSG’ . Selain itu, kegiatan seminar ini di sponsori oleh Ajinomoto dan diadakan di Aula Kahuripan lantai 3, Gedung Rektorat Kampus UNAIR C. Seminar ini diharapkan akan meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai MSG sebagai Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang aman.

Dalam kegiatan ini, dua narasumber diundang untuk memberikan sosialisasi dan penjelasan lebih lajut yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan masyarakat mengenai MSG yaitu Dra. Retno Chatulistiani, P, Apt. dan Dr.Ir Annis Catur Adi MSi.

Pada sesi pertama, Retno Chatulistiani memaparkan materi mengenai ‘Hoaks Pangan dan Penanganannya’. Menurut beliau konsumsi BTP seperti MSG harus sesuai dengan BPOM. Selain itu dalam mengonsumsi makanan sebaiknya dipilih yang memiliki izin dari BPOM.

Sementara itu, materi pada sesi kedua dipaparkan oleh Annis Catur Adi yang bertajuk ‘Mitos dan Fakta Ilmiah MSG’. dalam penjelasan beliau, BPOM dan WHO mengklaim bahwa MSG aman untuk dikonsumsi.  (materi seminar dapat di download pada link berikut : https://s1gizi.fkm.unair.ac.id/materi-seminar-dan-demo-masak-msg/)

Di sesi terakhir, dilanjutkan oleh Demo Masak bersama Chef Yunita Princess yang mengusung tema ‘Jajanan Enak, Aman, dan Sehat’. Chef Yunita  dibantu beberapa peserta seminar menyajikan menu yang sangat menarik. Jajanan ini sangat kreatif dan inovatif, yaitu Pastel Kari Krispi dan Kroket Kacang Merah yang dapat dibuat dengan Mudah dan Sehat untuk Masyarakat. Selain demo masak Chey Yunita Princess juga menjelaskan beberapa teknik dasar pengolahan bahan makanan yang baik dan benar.