Pada 2 September 2018 lalu, Prodi Gizi FKM UNAIR mengadakan kegiataan pelatihan kewirausahaan berbentuk fun cooking class dengan tema “mari belajar berbisnis mie warna-warni”. Acara tersebut dilaksanakan di Laboratorium Pengolahan Makanan Lt.1 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. Kegiatan ini diadakan dalam 2 gelombang yaitu gelombang pagi dan siang.

Materi yang diberikan meliputi : Gambaran sederhana tentang bisnis makanan, Penjelasan aneka ragam mie serta cara pembuatannya, Simulasi dan praktek membuat mie warna-warni dengan pewarna alami (sawi, wortel dan buah naga) serta Food costing oleh pemateri kece yaitu Chef Reza Esfandiari S.Pd. Peserta mendapat fasilitas berupa handout materi, snack, hasil karya mie warna-warni dan sertifikat.

Setelah peserta registrasi acara dimulai dengan penjelasan pembuatan adonan mie selama 15 menit oleh Chef Reza. Lalu berpindah ke laboratorium pengolahan untuk mempraktekkan adonan mie. Karna harus ada waktu untuk mendiamkan adonan, setelah adonan mie jadi peserta cooking class diarahkan untuk kembali ke laboratorium penyajian untuk mendengarkan penjelasan tentang materi food costing. Setelah penjelasan selesai, peserta melanjutkan proses pembuatan mie sampai siap masak. Ditengah proses peserta menggiling mie, Chef Reza mendemokan resep mie ayam sambal mata.

Setelah praktek membuat mie selesai, acar diisi dengan pengisian formulir evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi yang peserta tuliskan, peserta sangat antusias dengan kegiatan tersebut. Peserta juga mengharapkan kegiatan ini untuk diadakan kembali dengan tema berbeda dan harga yang terjangkau. Acara diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan pada Chef Reza oleh Sekretaris Prodi Gizi, Bapak Mahmud Aditya Rifqi SGz, Msi dan foto bersama.