Waw.., Duta Makanan Sehat 2018

Duta Makanan Sehat 2018 sebagai salah satu program kerja Divisi Pengabdian Masyarakat AMAZI BEM FKM Universitas Airlangga diadakan pada hari Sabtu, 8 September 2018. Tema acara DMS 2018 adalah ‘Pemanfaatan Pangan Lokal sebagai Upaya Menuju Gizi Seimbang’. Serangkaian acara ini dimulai pukul 8 pagi dan diawali dengan pembukaan serta sambutan dari Ibu Lailatul Muniroh, SKM, M.Kes selaku Ketua Program Studi S1 Gizi, dilanjutkan dengan sambutan ketua BEM FKM Unair, wakil ketua AMAZI dan ketua DMS 2018. Dalam acara ini, terdapat 8 orang finalis Duta Makanan Sehat. Mereka yang menjadi finalis telah lolos dalam seleksi tes tulis, paper dan video pada tahap sebelumnya.

Hari H final Duta Makanan Sehat 2018 terbagi menjadi 3 sesi. Yang pertama yaitu sesi presentasi, dilanjutkan dengan debat dan tanya jawab bagi finalis yang terpilih sebagai kandidat 3 besar. Penilaian dilakukan oleh 3 orang juri yang terlibat, yaitu perwakilan program studi S1 Gizi, perwakilan AMAZI dan Duta FKM Unair 2017. Pada sesi presentasi, satu per satu finalis maju untuk mempresentasikan ide atau produk yang telah mereka buat. Kemudian pada sesi debat, finalis dibagi menjadi dua kelompok tim pro dan kontra untuk menyampaikan argumentasi terkait mosi debat yaitu ‘Pasta sebagai Makanan Pokok Pengganti Nasi’.

Setelah itu, diumumkan nama finalis yang terpilih sebagai kandidat 3 besar Duta Makanan Sehat. Ketiga finalis ini mengambil satu pertanyaan yang telah disiapkan panitia dan menjawab pertanyaan tersebut. Para finalis sangat antusias mengikuti kegiatan ini sampai akhir. Hingga mereka saling memberi selamat dan semangat bagi ketiga finalis yang terpilih sebagai duta. Nova Ardiansyah dari SMAN 1 Driyorejo adalah yang terpilih sebagai Duta Makanan Sehat 2018.

By : ANN
Ed : LM

Leave a Reply