Jumat, 21 Juni 2019 lorong lantai 1 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga dipenuhi dengan mahasiswa yang sedang menjual produk yang mereka buat. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 08.00-11.00 WIB. Namun, mulai dari pagi mereka sudah bersiap untuk menata produk mereka di stand yang sudah disediakan. Lantai 1 FKM UNAIR terlihat sangat ramai dibandingkan dengan hari hari biasanya karena banyak warga FKM UNAIR yang antusias dalam pelaksanaan bazar ini.
Kegiatan ini merupakan untuk penilaian UAS mata kuliah Kewirausahaan untuk semester 4. Kegiatan ini diikuti bukan hanya dari prodi S1-Gizi saja, melainkan juga prodi kesehatan masyarakat. Dalam kegiatan ini diajarkan utnuk membuat perencanaan bisnis yang akan direalisasikan dengan bazar. Melalui kegiatan ini, pihak kurikulum ingin menumbuhkan jiwa kewirausahaan tiap-tiap mahasiswa melalui kegiatan ini. mahasiswa dituntut untuk membuat inovasi produk yang memiliki daya jual yang tinggi.
Untuk prodi Gizi dan peminatan Gizi produk yang dijual hanya dikhususkan produk makanan saja. Sementara untuk prodi dan peminatan lain, mahasiswa boleh bebas menjual satu produk yang menurut mereka unggul untuk dijual.
Mekanisme pelaksanaan bazar ini yang pertama adalah mengajukan proposal yang diberikan ke dosen mata kuliah. Lalu, dilanjutkan dengan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threat). Setelah melakukan analisis SWOT, mahasiswa mulai memikirkan bagaimana ia melakukan marketing terhadap produknya, deskripsi produk, packaging produk, sasaran produk, harga jual dan segala hal yang berkaitan dengan penjualan produk ini.
Hampir semua produk yang dijual dalam bazar ini habis tidak tersisa dalam waktu yang lumayan singkat. Hal ini dikarenakan antusiasme dari pengunjung serta produk yang ditawarkan sangat bernilai jual tinggi. Dengan diadakan kegiatan ini, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan skill kewirausahaan yang ada pada dirinya agar mampu bersaing di pasar global.